Gas Pembawa Sendu

Bukan berisi draft revisi skripsi dari pembimbing, bukan juga berisi kenangan masa lalu, tapi kok hati terasa sendu dan mata tiba-tiba menitiskan air mata ya? Sebenarnya apa sih kandungan dari gas air mata?

Ada empat jenis utama gas air mata, Chlorobenzylidine malononitrile (CS), Chloroacetophenone (CN), Dibenzoxazepine (CR), dan Oleoresin Capsicum (OC), yang merupakan senyawa-senyawa asam. Yang paling umum digunakan oleh penegak hukum untuk pengendalian massa adalah CS.

Pada dasarnya gas air mata berbentuk padatan pada suhu ruang, yang kemudian dikombinasikan dengan aerosol untuk menjadikannya seperti granat tangan.

Efek gas air mata dapat berlangsung selama 30 menit atau lebih dari beberapa jam tergantung pada jumlah dan konsentrasi paparan.

Gas air mata menstimulasi saraf-saraf pada kornea mata untuk menyebabkan gangguan penglihatan seperti menangis dan nyeri. Gas air mata juga dapat mengiritasi lapisan selaput mata, hidung, mulut, kulit, dan paru-paru, yang menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan ruam atau luka bakar pada kulit. Jika tidak diobati dengan segera, dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.

Di beberapa daerah di Jakarta, khususnya tempat-tempat terjadinya pembubaran aksi massa dengan menggunakan gas air mata oleh pihak kepolisian masih terasa efek-efek gas air mata sampai beberapa hari setelahnya. Hal ini bias jadi dikarenakan, ketika senyawa gas air mata mengudara, seyawa tersebut dapat melekat ke semua bahan di dekatnya, seperti tembok bangunan, ventilasi, filter udara, lantai, pakaian, dsb - tidak ada yang benar-benar aman dari efek residu gas air mata.

Sumber:

https://spauldingdecon.com/blog/how-long-do-the-effects-of-tear-gas-last/

https://www.bbc.com/news/magazine-15887186

https://www.forbes.com/sites/ninashapiro/2018/11/27/tear-gas-101-why-all-the-crying/#21b1abcb416b