Kegiatan pengaplikasian ilmu sains secara mudah, menarik dan inovatif serta dapat menujukkan peran sains dalam membantu dan mewarnai kehidupan sehari-hari. Bentuk kegiatan dapat berupa workshop pembuatan produk sains tertentu untuk umum serta jasa pelatihan dan pembinaan ekstrakurikuler sains seperti KIR atau ekskul sains lainnya.

Detail Produk

Science Project Workshop

Program ini dirancang sebagai upaya pencerdasan kami kepada masyarakat umum terhadap produk berbasis ilmu sains. Diperuntukkan bagi peserta yang ingin mempelajari pembuatan produk sains secara menyeluruh mulai pengetahuan bahan, teori proses, serta proses produksinya.

Science Project Ekstrakulikuler

Program ini dirancang untuk Siswa SMP ataupun SMA sebagai kegiatan ekstrakulikuler sains. Bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keingintahuan siswa sekolah menengah untuk berinovasi dalam pengaplikasian ilmu sains, serta membantu sekolah dalam mendapatkan prestasi dibidang lomba sains. Program dapat berupa:

Produk yang ditawarkan:

  • Set Modul pembuatan produk berbasis sains (Modul, alat bahan, pengajar). Pembelajaran akan memakan waktu 1-2 bulan per judul modul dengan pertemuan satu kali dalam sepekan.
  • Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah. Sedikit berbeda dengan Modul sains project yang di tawarkan, dalam program ini siswa akan lebih didorong berinovasi dalam membuat ide-ide segar aplikatif serta dibimbing proses penulisannya kedalam karya tulis ilmiah. Tim pengajar merupakan orang-orang yang sudah memiliki prestasi dan pengalaman dalam berbagai ajang perlobaan karya ilmiah serta penulisan jurnal-jurnal nasional dan internasional.

Modul yang ditawarkan:

NoJudul ModulBidangPeruntukan
1Roket AirFisikaSMP

2

Mikrohidro (miniatur PLTA)FisikaSD, SMP, SMA
3Arduino (sensor)FisikaSMP, SMA, umum
4Pengolahan AirKimiaSMP, SMA, umum
5Destilasi minyak atsiriKimiaSMP, SMA, umum
6Pembuatan Sabun (Transparan, Antiseptik/Aroma terapi)KimiaSMP, SMA, umum
7BiodieselKimiaSMP, SMA, umum
8HerbariumBiologiSMP, SMA
9KomposBiologiSMP, SMA
10Fermentasi makananBiologiSMP, SMA, umum

Detail Modul

Roket Air

Sederhananya, roket air adalah botol minuman yang dibalik, dengan "nose" kerucut pada bagian atas, memiliki sirip, serta terbang dengan air dan gas bertekanan. Ada yang menganggap ini adalah permainan. Ada juga yang memandang roket air ini dengan serius, karena penuh dengan unsur ke-fisika-an yang kental. Banyak kontes roket air yang diselenggarakan untuk melombakan kemampuan anak bangsa di Indonesia ini. Maka kemudian, Roket air ini menjadi berharga untuk dipelajari dengan baik.

Prinsip dasar roket merupakan implementasi dari perubahan momentum serta Hukum III Newton mengenai aksi-reaksi

*Selain program pembelajaran, Launcher roket air Rumah Sains dapat juga dijual terpisah

Mikrohidro (miniatur PLTA)

Tujuan Pembelajaran modul ini adalah Untuk menambahan pemahaman siswa/i terhadap energi kelistrikan, Untuk mengenalkan kepada siswa/i salah satu sumber energi listrik, yaitu tenaga air, dan utuk belajar menciptakan generator mikrohidro (bentuk sederhana dari PLTA) yang dapat menghasilkan listrik

Arduino

Arduino adalah mikrokontroller, yang merupakan sebuah perangkat pengendali rangkaian elektronik yang biasanya ditujukan kepada suatu fungsi yang spesifik untuk mempermudah penggunaan elektronik di berbagai bidang.

Pengolahan Air

Pembelajaran pada peserta tentang konsep air, prinsip-pirnsip pengolahan air dan pembuatan miniatur sistem pengolahan air bersih, serta pengenalan teknologi-teknologi terkini dalam pengelolaan air.

Destilasi Minyak Atsiri

Materi dapat disesuaikan untuk SMP, SMA, atau umum. Pembelajaran mencakup teori dasar tentang minyak atsiri, konsep penyulingan, dan teknik perakitan alat penyulingan sederhana.

Berikut merupakan studi rencana pembelajaran

Pekan

Agenda
1Penjelasan teori dasar dan pembagian kelompok
2Perakitan Alat
3Praktek Penyulingan
4Packaging dan pembuatan laporan

Pembuatan Sabun

Sabun merupakan produk suatu reaksi kimi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Kami menyediakan progam workshop pembuatan beragam jenis sabun untuk sebagai program ekstrakulikuler sekolah maupun pelatihan umum.

Herbarium

Herbarium berasal dari kata hortus dan botanicus, artinya kebun botani yang di keringkan, biasanya disusun berdasarkan sistem klasifikasi. Istilah herbarium lebih dikenal untuk pengawetan tumbuhan.

Pada modul ini peserta akan kami ajak untuk membuat herbarium dengan teknik-teknik pengawetan untuk menjadi suatu koleksi yang cantik sambil belajar tentang tumbuhan

Kompos

Modul pembelajaran mengenai kompos akan mencakup penjelasan tentang tanah dan parameter kesuburannya, teori-teori pengomposan, parameter-parameter pengomposan, dan praktek proses pembuatannya

Fermentasi

Modul ini dibuat dengan tujuan agar Peserta mengetahui dan memahami dasar - dasar proses fermentasi serta mengetahui dan memahami pengaplikasian fermentasi dalam bidang pangan serta dapat membuat salah satu contoh produk makanan fermentasi.

Produk fermentasi yang ditawarkan:

  • Fermentasi Alkohol dan Asam Laktat
  • Fermentasi Tape dan Kefir
  • Fermentasi Yoghurt dan Minuman prebiotik

Info lebih lanjut tentang modul...